Cara Belanja Online

Internet telah lama menjadi salah satu media bagi penjual dan pembeli untuk bertemu dan melakukan transaksi jual maupun beli,

baik dalam jumlah kecil (partai eceran) maupun besar (partai grosir). Cara Belanja Online Bagi pemain lama mungkin sudah menguasai seluk-belum bisnis online dari a sampai z, namun untuk pemula mungkin akan butuh panduan untuk cara bertransaksi jual beli di internet yang menyimpan berjuta peluang beserta resiko.

  1. Pembeli datang dan melihat-lihat produk yang dijajakan penjual.
  2. Pembeli menghubungi penjual untuk bertanya atau konfirmasi.
  3. Pembeli mengirim atau mentransfer sejumlah uang kepada penjual, lalu melaporkan setelah uang berhasil dikirim.
  4. Penjual mengirim barang yang dipesan pembeli dan menginformasikan pembeli jika telah berhasil mengirim produk.
  5. Pembeli konfirmasi kepada penjual jika barang telah diterima dan dicek kelengkapan isinya.

Jika metode transaksi yang dipilih adalah COD (cash on delivery) maka penjual dan pembeli akan bertemu di suatu tempat. Pembeli akan melihat dan mengecek produk penjual secara langsung dan membayarnya jika pembeli menyukainya.

Cara Aman Belanja dan Transaksi Via Online

Pesatnya perkembangan teknologi memang membuat banyaknya perubahan pada kehidupan masyarakat saat ini. Teknologi yang semakin maju membuat masyarakat kini menyukai hal-hal yang instan, mudah, dan cepat. Salah satunya yang sering dilakukan kebanyakan orang saat ini adalah berbelanja online. Saat ini berbelanja via online memang terus berkembang dari waktu ke waktu.

1. Gunakan Situs Belanja Online yang Terpercaya

2. Pilih Seller yang Memiliki Reputasi Terbaik

3.Gunakan Rekening Bersama

4.   Perhatikan Deskripsi Produk dengan Teliti

 5.   Hindari Penggunaan Wifi Publik

Paling penting pada transaksi online adalah jangan lupa untuk menyimpan segala bukti transaksi. Selain     itu, jangan lupa pula untuk menyimpan informasi detail terkait transaksi barang apa yang dibeli sebaik mungkin.

Agar belanja lebih aman

1.Pilih penjual dengan reputasi baik

Saat ini, ada ribuan pelaku usaha online dengan berbagai barang yang dijualnya tersebar di Indonesia. Sayangnya tak jarang pula terdapat penjual abal-abal yang melakukan modus penipuan. Jangan bosan untuk luangkan waktu melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kredibilitas penjual.

2.Pastikan transaksi memakai cara pembayaran belanja online yang aman

Sebuah situs belanja di internet biasanya memberikan beberapa alternatif pembayaran. Mulai dari transfer bank, cash on delivery (CoD), hingga menggunakan kartu kredit. Jika memilih untuk menggunakan transfer bank, sebaiknya pilih penjual yang menyediakan rekening bersama.

3.Hindari sambungan nirkabel publik saat bertransaksi

Risiko mengalami kebocoran dan pencurian data ketika bertransaksi melalui sambungan nirkabel (wi-fi) publik cukup besar. Mulai dari pencurian data kartu kredit maupun akun-akun tertentu seperti email.

4.Perhatikan deskripsi produk

Jual beli online hanya mengandalkan gambar produk sebagai etalase jual. Pembeli tidak bisa melihat bentuk fisik barang secara nyata. Seringkali terjadi barang yang diterima tidak sesuai dengan gambar produk yang dipesan. Untuk menghindarinya, perhatikan deskripsi produk dengan seksama sebelum melakukan pembayaran.

Agar belanja lebih menguntungkan

 -Buat anggaran dan tentukan barang yang mau dibeli
 -Berlangganan newsletter
 -Manfaatkan momen pesta diskon
 -Gunakan promo kartu kredit

Selama kita tak malas mencari informasi seputar promo kartu kredit yang sedang ditawarkan oleh bank penerbit, maka akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Keberanian dan Ketegasan Menentukan Klien

Kita harus mampu menentukan apakah seorang penjual atau pembeli adalah seorang     penipu atau bukan, serius atau tidak dalam melakukan transaksi. Ketika keputusan telah diambil maka kita harus berani menerima segala akibat dan resikonya. Untuk memperkecil resiko kita bisa mempelajari sejarah lawan main kita di internet. Jika banyak komplain dari pengguna internet lain, berarti lampu merah sudah menyala.